Beli Barang Seller Luar Negeri (China) di Shopee ? Kenapa Nggak?!




          “Shopping” atau “belanja” adalah kata yang identik kegiatan manusia dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari terutama bila dikaitkan dengan kaum hawa. Entah itu shopping baju, kosmetik, maupun aksesoris. Kebanyakan perempuan pasti tidak menampik bahwa hal tersebut menjadi kegiatan favorit mereka, termasuk saya sendiri. Apalagi di era globalisasi ini, marketplace berbasis online yang menjamur semakin mempermudah kegiatan tersebut.

          Dulu mungkin saya bisa dibilang jadul karena bersikap skeptis terhadap adanya onlineshop. Maklum, kemunculan startup yang masih terbilang baru tersebut dulunya belum dilengkapi sistem keamanan yang mumpuni. Apalagi bentuk transaksi diluar aplikasi/website kerap kali dilakukan, padahal rentan akan modus penipuan.

          Untunglah zaman semakin canggih. Sekalipun terkadang masih terdapat modus penipuan semacam produk yang tidak real pic atau justru rusak. Kasus semacam itu masih bisa ditangani dengan proses retur barang, pengembalian uang (refund), atau dengan melaporkannya ke pihak onlineshop. Bahkan untuk produk tertentu dapat dilakukan sistem COD atau pemberlakuan garansi sekitar 7 hari.

          Kembali ke laptop!

        Untuk onlineshop, jujur saya agak lebih menyukai produk-produk yang berasal dari luar negeri khususnya China. Daripada onlineshop dalam negeri sekalipun domilisinya sama-sama di Jatim. Bukannya bermaksud sombong, namun nyatanya onlineshop luar negeri memiliki beberapa keunggulan yang masih tidak bisa ditandingi. Misalnya :

1.kkHarganya Jauh Lebih Murah.

1.kkHal ini dimanfaatkan beberapa reseller luar negeri untuk menjualnya kembali dengan harga lebih mahal. Sebagai contoh, di Shopee terdapat onlineshop dalam negeri yang menjual produk bernama “blus cindy” seharga 75.000 dengan ongkir 10.000. Maka percayalah, lewat online shop luar negeri anda bisa mendapatkan produk yang sama seharga 62.000 sudah termasuk ongkir.

MANTAP JIWA!

2.kkBiaya Ongkir Hanya Rp.10.000 !

2.kkMasih sebuah misteri bagi saya mengapa onlineshop yang berdomisili di luar negeri biaya pengirimannya hanya sepuluh ribu. Sementara onlineshop yang domilisinya satu provinsi dengan saya di Jatim bisa 12.000-15.000, dan untuk produk dari Jawa Tengah berkisar 21.000-28.000. Yah, meskipun onlineshop  dari luar negeri pengirimannya lama sih. Sekitar 5-14 hari, bahkan sebulan. Wew!

3.kkDesain Produk Lebih Bagus.

3.kkSaya masih cinta kok dengan produk dalam negeri. Cinta banget malah. Meskipun begitu, apa salah jika sesekali melirik blus-blus korea keren nan bikin ngiler. Apalagi jika beruntung kita bisa menemukan onlineshop luar negeri nan jujur yang menjual produknya dengan harga promo.

SIKAT!!

Saya pernah beruntung mendapatkan kemeja lengan lentera ukuran XL dari China seharga IDR 102.000. Dengan rincian :
Biaya asli + Ongkir = 92.000 + 10.000 = 102.000

Untuk ukurannya, saya sengaja memilih XL. Soalnya banyak yang bilang ukuran produk China yang didapat kekecilan. Jadi sekedar tips, pilih ukuran 5-10 cm lebih longgar dari ukuran kalian biasanya. Tenang saja di bagian deskripsi produk shopee biasanya ukurannya tertera jelas.


Produknya datang sekitar 2 mingguan, dengan kondisi mulus dan real pic. Alhamdulillah…




Waktu itu saya sangat bersyukur karena di onlineshop lain harganya berkisar IDR 137.000-299.000. Bahkan yang cukup mengejutkan, setelah baju yang saya pesan sampai, harga produk yang sama di onlineshop tersebut berubah menjadi 178,000 (termasuk ongkos kirim). Jadi bisa dibilang saya telah menghemat 76.000. 

MANTUL!!



Kesimpulannya, untuk kalian yang ingin membeli baju dari luar negeri silahkan saja. Tidak perlu ragu. Asalkan kalian jeli dalam membaca deskripsi produk, memperhatikan nilai review,  menelaah komentar mengenai produk, mengamati foto produk--baik yang dipasang oleh pihak toko maupun reviewer, dan yang paling penting usahakan kalian membeli produk di onlineshop yang memiliki nilai review/rating sebisa mungkin diatas 4,4 untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.


Sekedar catatan, jika kalian menemukan tulisan parcel is in transit from China to Indonesia. Itu artinya parcel kalian masih dalam tahap melalui bea cukai bandara. Baru nanti sekitar sehari dua hari, paket kalian nantinya akan di terima Standar Express / JNE terdekat wilayah domisili kalian. Bisa kok dicek dengan memasukkan no. resi di situs standard express, lalu memasukkan kode verifikasi untuk melacak paket. 




Happy Shopping !

Posting Komentar

0 Komentar