Cara Menghilangkan Komedo dengan Vaseline Repairing Jelly (Petroleum Jelly)



          Selamat tahun baru 2020!

          Hahaha….

            Ini berarti ini akan menjadi postingan terakhir saya di tahun 2019, atau bahkan tahun berikutnya karena saya harus mulai rajin belajar buat jaga-jaga kalau-kalau gak keterima SNMPTN. Ya, semoga saja dapat… Amin…

          Kembali ke topik!!! :)

          Komedo, whitehead, blackhead atau kotoran hidung. Kotoran hidung? Upil kali Pastinya seringkali membuat kita resah karena keberadaannya yang mengganggu, sebab dapat membuat wajah terkesan tidak mulus dan kotor.

          Komedo sendiri timbul dikarenakan penumpukan minyak (sebum) dan sel kulit mati. Biasanya komedo berwarna putih atau bisa disebut juga sebagai whitehead. Namun, jika sudah teroksidasi oleh debu dan kotoran maka warnanya akan menghitam dan bisa disebut blackhead.

          Umumnya komedo muncul di yang rawan berminyak seperti hidung, pipi, dan dagu. Komedo sendiri akan lebih banyak tumbuh apa bila kita jarang mencuci muka dan dalam kondisi stress.

      Sekilas mungkin keberadaan komedo terlihat sepele. Namun jangan salah, komedo-komedo kecil inilah yang nantinya dapat menjadi bakal jerawat apabila terus dibiarkan begitu saja. Maka dari itu, disini saya akan membagikan sedikit tips cara menghilangkan komedo-komedo bandel bermodalkan vaseline repairing jelly.


          Penampakan produknya seperti ini.

         Produk ini memang lumayan hype. Jadi akan mudah ditemui di drugstore terdekat. Untuk harga mungkin sekitar IDR 20.000-35.000.

          Oke, mari kita eksekusi komedonya.

       Kira-kira seperti ini penampakan komedo di hidung saya yang hampir 3 minggu tidak dibersihkan. 


Langkah-langkahnya untuk menyingkirkan komedonya terbilang gampang :

1.iiiCuci wajah kalian sampai bersih.

2.iiiSiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan. Diantaranya vaseline repairing jelly, pinset komedo, dan plastik bening.

3.iiiOleskan vaseline repairing jelly ke daerah wajah yang berkomedo seperti hidung, pipi, dan dagu. Jangan terlalu tipis, tetapi jangan terlalu banyak juga. Yang sedang-sedang saja ya. Yang berlebihan itu tidak baik… (canda)

4.iiiTutup dengan plastik bening yang sudah digunting sesuai lebar daerah yang diberi vaseline repairing jelly. Langkah ini sifatnya opsional, jadi bisa diskip. Gunanya plastik bening disini cuman buat antisipasi agar kotoran atau debu tidak menempel pada  muka kalian dan mengendap disitu.

5.iiiBiarkan vaseline bekerja selama sekitar 2-3 jam. Kalaupun dipakainya sebelum tidur dan dibiarkan semalaman juga gak masalah. Vaseline repairing jelly ini sifatnya non-comedogenic jadi gak bikin tambah komedoan maupun jerawatan.



6.iiiSiapkan pinset komedo yang steril. Steril yang dimaksud di sini yakni sudah dibersihkan menggunakan alkohol untuk meminimalisir bakteri.

          Penampakan pinset komedo yang saya gunakan seperti ini.


7. iiiSetelah dibiarkan minimal 2 jam, bersihkan sisa vaseline repairing jelly dengan kapas atau tisu. Bisa juga dengan membilas wajah dengan air saja.

          Fungsi dari vaseline repairing jelly ini adalah untuk melembabkan kulit sehingga pori-pori akan sedikit melebar untuk sementara, sehingga komedo mudah dikeluarkan. Fungsi ini mirip dengan metode menguapi wajah dengan air hangat untuk memperlebar pori-pori. Hanya saja menurut pengalaman pribadi, menurut saya menggunakan vaseline jauh lebih efektif daripada metode uap yang kurang work.

8.iiiSekarang tinggal bersihkan wajah anda dengan pinset komedo sampai tuntas. Kemudian, cuci wajah anda dengan sabun wajah hingga bersih.
Untuk mengecilkan pori-pori anda bisa menggunakan es batu.

          Done!!

           Goodbye komedo!   




             Sekedar catatan, membersihkan komedo akan lebih baik jika dilakukan minimal 2 minggu atau seminggu sekali. Jangan terlalu sering membersihkan komedo. Maksimal mungkin seminggu 2 kali. Hal ini dilakukan untuk menghindari efek metode pembersihan komedo terlalu sering yang bisa berakibat bopeng di wajah. Selain itu, jangan lupa untuk selalu berhati-hati. Jangan menekan kulit wajah terlalu kuat hingga timbul luka yang dapat menyebabkan iritasi.

      Olahraga, asupan minum yang cukup, dan pola makan yang sehat juga akan mengurangi komedo di wajah. Hindari juga minuman beralkohol, makanan terlalu berminyak, dan rokok ya…. JJJ

          Sekian. Selamat mencoba.



Posting Komentar

0 Komentar